Jika ingin mencari dan menemukan persahabatan, hendaklah kita melakukan hal-hal demi kepentingan orang-orang yang hendak kita bersahabat yaitu hal-hal yang membutuhkan waktu, energi, kesepipamrihan dan pengorbanan.

Minggu, 14 Februari 2010

BURUNG DODO YANG SUDAH PUNAH

Jenis burung yang tidak dapat terbang, meskipun dari taksonomi termasuk dalam keluarga burung dara (Columbiformes, Columbidae). Struktur sayapnya yang mungil tidak memungkinkan untuk mengangkat tubuhnya tinggi di udara. Burung ini diduga berasal dari pulau kecil Mauritius yang terletak sekitar 550 mil lepas pantai timur Madagaskar.

Kepunahan burung dodo diduga karena kedatangan manusia yang membuka habitat burung ini menjadi daerah pemukiman dan lahan pertanian. Manusia tidak sendirian masuk ke pulau, tetapi membawa serta hewan-hewan mereka, terutama anjing, kucing, monyet, dan babi yang berpotensi menyerang burung ini maupun menghancurkan sarang-sarang mereka. Tikus yang merupakan hama terbawa bersama kapal yang membawa manusia ke pulau tersebut. Tikus-tikus memakan telur burung dodo, menghentikan perkembangbiakan hewan ini. Penyelidikan oleh arkeolog menunjukkan bukti-bukti bahwa tidak hanya hewan-hewan yang memangsa burung dodo tetapi manusia juga mengkonsumsinya...Sungguh menyedihkan.

1 komentar:

Tian mengatakan...

sayang ya!!!!

Posting Komentar

 
.